Post

PERATURAN HIBAH JAWA TIMUR



Hibah adalah pemberian uang, barang dan/atau jasa dari Pemerintah Provinsi kepada Pemerintah Pusat, pemerintah daerah lainnya, Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan/atau Badan dan Lembaga serta organisasi kemasyarakatan yang berbadan hukum Indonesia dan/atau partai politik, yang secara spesifik telah ditetapkan peruntukannya, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat, serta tidak secara terus menerus setiap tahun anggaran, kecuali ditentukan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.

Ketentuan atau peraturan terkait hibah Jawa Timur diatur oleh aturan terbaru yang dikeluarkan oleh gubernur Jawa Timur sebagai berikut:

https://drive.google.com/file/d/1mpZMgKG9zGH4iGuzxwZBFXy8VzOmrTuf/view?usp=sharing

Pemberian Hibah ditujukan untuk menunjang pencapaian sasaran program, kegiatan, dan sub kegiatan Pemerintah Provinsi sesuai kepentingan daerah dalam mendukung terselenggaranya fungsi pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas, dan manfaat untuk masyarakat.

Dan di Jawa Timur Hibah Jatim bisa diusulkan melalui aspirasi anggota dewan melalui aspirasi dari masing-masing daerah pilihannya. Hibah melalui anggota dewan disampaikan melalui proposal-proposal dengan penyusunan sebagai berikut:

  1. Surat Permohonan
  2. Proposal (a) Surat Pengesahan / Penetapan SKPD Kab / Kota / Camat; (b)Surat Keterangan Domisili (Desa); (c) Mempunyai kepengurusan yang jelas; (d) Berpendudukan di wilayah administrasi.
  3. Pengesahan Kelembagaan POKMAS 
  4. Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000. (a) Tidak Menerima Bantuan dari APBD Provinsi Jawa Timur 1 (satu) Tahun Anggaran sebelumnya; (b) Tidak Menerima Bantuan Hibah dari APBD Provinsi Jawa Timur secara terus menerus, kecuali ditentukan peraturan perundang-undangan.
  5. Surat Pernyataan Kesiapan Lahan tidak bersengketa diketahui oleh Pejabat setempat (ades/Lurah)
  6. Fotocopy KTP Struktur Kepengurusan Pokmas. (a) Ketua; (b) Sekretaris; (c) Bendahara; (d) Anggota.
  7. Denah Lokasi Pekerjaan
  8. Foto Lokasi Kegiatan (Foto 0%)
  9. Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang di tanda tangani ketua Pokmas dan Kepala Desa
  10. Nomor Rekening

Program hibah Jatim ini sudah berjalan bertahun-tahun, berharap ditiap tahunnya ada evaluasi dan kontrol yang baik, sehingga program dapat terserap dengan optimal oleh masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


© 2021 renandatta.com

Hari Putri Lestari SH.,MH.