Post

“MENGENAL RAPERDA TENAGA KEPERAWATAN”



DPRD Jatim Komisi E bidang Kesejahteraan Rakyat berupaya menyelesaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Tenaga Keperawatan. Raperda ini Merupakan turunan dari Undang-Undang nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan. Sekaligus melengkapi aturan yang sudah ada sebelumnya, yakni Perda nomor 7 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.

Data dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jatim, hingga Februari 2021 terdapat 83.918 perawat yang teregister. Dimana 20.000 di antaranya belum bekerja secara tetap. Dan ada 3.213 perawat yang bertugas di Pondok Kesehatan Desa (Ponkedes).

 

Perawat adalah garda terdepan dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan, terutama yang melakukan praktik keperawatan di daerah terpencil yang memerlukan adanya peningkatan kompetensi, tambahan kewenangan, peningkatan dan kesejahteraan.

 

Permasalahan adalah terdapat sekitar 10-20% perawat yang melaksanakan praktik mandiri, utamanya di daerah terpencil yang melakukan praktik keperawatan di luar wewenang yang ditentukan. Masalah lainnya adalah banyak perawat belum memiliki status yang jelas, sebagian besar perawat saat ini masih berstatus sebagai perawat sukarelawan atau tenaga honor dan banyak perawat pada berbagai fasilitas kesehatan yang menerima gaji kurang layak dan ada yang belum mempunyai jaminan sosial BPJS Kesehatan padahal pekerjaannya berisiko.

 

Berdasarkan fakta akan banyaknya problem tenaga keperawatan di Jatim itulah maka Komisi E  menganggap perlu untuk segera menyelesaikan Raperda tentang Tenaga Keperawatan sebagai instrumen hukum untuk memberikan perlindungan dan peningkatan kompetensi, kesejahteraan dan jaminan sosial bagi tenaga keperawatan dalam menyelenggarakan praktik keperawatan di Jatim. Muatan  dalamRaperda Tenaga Keperawatan meliputi tugas dan wewenang, perencanaan, pengadaan, pendayagunaan, pengembangan dan perlindungan hukum tenaga keperawatan, kesejahteraan, jaminan sosial, kerja sama, partisipasi masyarakat dan pembinaan serta pengawasan terhadap tenaga keperawatan. 


© 2021 renandatta.com

Hari Putri Lestari SH.,MH.