Post

Kepedulian Fasilitas Publik Bagi Perempuan



Riuhnya Peringatan Hari Kartini di setiap bulan April selalu tak lepas dari semangat Emansipasi Perempuan satu diantaranya isu Kesetaraan Gender. Kesetaraan tersebut dari masa ke masa diharapkan selalu lebih baik dan menuju kesetaraan idealnya, yakni Humanisme Universal.

               

Adalah Emansipasi yang masih luput dari pandangan secara umumnya, yaitu kesejajaran dalam perolehan hak perempuan atas ketersediaan fasilitas publik yang sesuai dengan kebutuhan perempuan. Emansipasi bukan berarti kesamaan dalam segala hal antara laki-laki dan perempuan, melainkan juga harus mengingat aspek perbedaan fisik dan emosional. Atas perbedaan ini maka harus menjadi perhatian pula aspek pembangunan infrastruktur kota maupun kabupaten yang memiliki perspektif gender agar berpihak pada kepentingan perempuan. Menjadi harapan besar pada Kepala Daerah Perempuan, untuk mewujudkan hal tersebut, mengingat akan kesamaan jenis kelamin/golongan.

 

Contoh Kota Surabaya yang dipimpin oleh Tri Rismaharini. Walikota Perempuan pertama di Kota Surabaya ini membuktikan terwujudnya harapan warga Kota Surabaya khususnya kaum perempuan. Yang terbaru dengan disediakannya fasilitas publik yang berpihak pada perempuan dan anak. Seperti ketersediaan lahan parkir khusus perempuan di gedung-gedung pusat belanja, berbagai gedung pemerintah, maupun gedung-gedung swasta. Selain itu adanya Surat Edaran Pemkot Surabaya untuk setiap perusahaan dan Kantor di kota Surabaya diminta untuk menyediakan ruang laktasi, menyediakan waktu untuk memerah asi pada ibu menyusui, juga adanya Fasilitas Umum seperti banyaknya Taman Kota yang Ramah Anak dan Aman bagi Perempuan. Termasuk kebutuhan air bersih untuk perempuan pada toilet di gedung-gedung public yang telah diwujudkan pada tahun-tahun sebelumnya.

 

Hal ini diharapkan bisa diikuti oleh daerah-daerah lain terutama di Jawa Timur khususnya yang kepala daerahnya perempuan, seperti Kab. Jember, Kab. Kediri, Kota Probolinggo, dan sebagainya.


© 2021 renandatta.com

Hari Putri Lestari SH.,MH.