Post

“DPRD JATIM INISIASI RAPERDA PENGEMBANGAN PESANTREN”



RAPERDA Pengembangan Pesantren adalah peraturan pelaksanaan dari UU Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren, yang nantinya akan mengatur tentang kebutuhan-kebutuhan Pesantren yang menyebar di 38 kabupaten/ kota di Jawa Timur. Adanya PERDA pengembangan pesantren sangat penting karena jumlah Pondok Pesantren di Jatim cukup banyak. Selama ini pondok pesantren tumbuh dan berkembang nyaris tanpa campur tangan pemerintah secara aktif padahal Jawa Timur adalah provinsi yang memiliki pondok pesantren terbesar di Indonesia. Berdasar data Kementerian Agama, jumlah pesantren di Jawa Timur mencapai 6.561 lembaga. Tentu kuantitas sebanyak itu dapat menjadi potensi yang besar bagi percepatan pembangunan nasional maupun daerah apabila eksistensinya didukung dan difasilitasi oleh pemerintah daerah melalui adanya PERDA.

Dengan adanya PERDA tentang Pondok Pesantren akan memberikan hak dan perlakuan yang sama kepada setiap warga negara termasuk para santri. Salah satunya adalah kesetaraan pendidikan atau ijasah yang diterbitkan pesantren. Dengan demikian lulusan pesantren akan bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan umum di atasnya.

DPRD Jatim secara resmi telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) RAPERDA Pengembangan Pesantren. Pansus ini diyakini akan mempercepat pembahasan RAPERDA tersebut agar segera menjadi PERDA. HPL turut menyambut baik pembentukan tim Pansus tersebut.

Pada tanggal 9 Maret 2021 lalu, HPL beserta DPRD Jatim menggelar Rapat Paripurna untuk mendengar pendapat Gubernur terhadap RAPERDA Pengembangan Pesantren.

Fraksi PDI Perjuangan juga akan selalu mengawal dan mendukung regulasi yang dianggap baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga setelah rapar Paripurna DRPD, HPL melanjutkan agenda dengan melakukan FGD bersama fraksi PDI Perjuangan untuk membahas bagaimana menyikapi RAPERDA Pengembangan Pesantren, FGD dengan di narasumberi oleh Prof. Dr. KH. Moh. Zakki selaku pengasuh Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Pesantren Agrobisnis & Agroindustri. 


© 2021 renandatta.com

Hari Putri Lestari SH.,MH.